Masyarakat Madura : Konsep Dari Unsur Religius Masyarakat Lokal

7/22/2019

Berbagai suku di masyarakat, akan ada keunikan budaya yang dimiliki salah satunya mengenai masyarakat Madura yang hidup pada pesisir dan memiliki mata pencaharian sebagai Nelayan. Upacara ini, dilakukan oleh masyarakat Sangir Talaud yang hidup di pulau Mahengetang dimana mayoritas penduduknya juga adalah Nelayan.

Ritus yang dilakukan diadakan setiap tahun karena dilaksanakan pada akhir Januari, berbagai budaya yang dimiliki merupakan salah satu bagian dari lepasi dengan merupakan rangkaian upacara ritual keagamaan yang diawali dengan dumelang

Sementara, pelli adalah akan diadakan dalam masyarakat, karena menyerupai berbagai hubungan yang melaksanakan upacara ini. Karena, dalam hal ini dengan berbagai budaya yang dimiliki dengan berbagai hubungan masyarakat dapat diketahui dengan budaya yang dimiliki. 

Hal yang tampak, dengan berbagai orientasi masyarakat mereka yang memiliki budaya pada masyarakat setempat dimana mereka tinggal, pesisir merupakan salah satu tempat yang sering mereka singgahi dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka.


Yang menarik kembali untuk diketahui, bahwa budaya yang mereka punyai merupakan salah satu bagian dari sistem budaya mereka yang menjadi bagian dari kegiatan mereka sehari-hari. Penutupnya ritual ini ditutup dengan menulude .

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close