Masyarakat Sosial : Manusia Sebagai Makhluk Sosial Di Masyarakat

9/29/2019

Sebagai bagian dari makhluk sosial di masyarakat yang memiliki peran penting terhadap berbagai hubungan budaya, maka peran masyarakat memiliki arti yaitu berkumpul. Kata sosial dapat diartikan dalam beberapa pengertian yang merujuk pada sikap yang ditunjukan dengan kebutuhan untuk masuk dalam bagian dari orang lain.

Kemudian, karakteristik umum dari orang-orang (sosial relation), kemudian interaksi antar orang, keanggotaan dari suatu kelompok orang atau suatu komunitas orang, serta karakteristik manusia untuk saling bekerja sama, serta saling ketergantungan.

Sebagai suatu sistem dari kehidupan bersama, maka manusia pada hakikatnya tidak bisa hidup sendiri, Dalam hal ini, manusia berperan penting terhadap lingkungan mereka sebagai makhluk sosial. Berbeda, dengan masyarakat secara umum memiliki peran terhadap sistem budaya mereka.


Dalam suatu kehidupannya sebagai makhluk sosial, manusia terus berusaha mengembangkan self-nya untuk tetap dapat diterima oleh sekelompoknya. Perkembangan diri, (self) manusia, oleh Charles H. Cooley dijelaskan bahwa berbagai hal terkait dengan peran di masyarakat merupakan salah satu sarana dari istilah yang dibuat berdasarkan proses pembentukan diri.

Pada seseorang yang sedang bercermin misalnya, cermin akan memantulkan apa yang terdapat didepannya.. dengan demikian, dari seseorang memantulkan apa yang dirasakan sebagai tanggapan dari orang di hadapnya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close