Konsep Kebudayaan Yang Di Kembangkan Menjelang Akhir Abad Ke-19

11/24/2019

Kebudayaan berasal dalam bentuk jamak, yang kali ini merupakan bagian dari sistem kebudyaaan atau culture yang bearti mengolah, mengerjakan, mengembangkan, dan menyuburkan. Konsep kebudayaan pertama kali dikembangkan menjelang pada abad ke 19.

Pada tahun 1871 yang memberikan definisi yang jelas dan menyeluruh mengenai kebudayaan. Inventarisasi Kroeber dan Kluckhohn pada tahun 1950an yang menunjukkan terdapat lebih seratus definisi kebudayaan. Definisi mengenai kebudayaan adalah sesuatu hal yang kompleks dalam keseluruhan yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, serta lainnya yang berkaitan dengan kebiasaan yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat (Edward B. Taylor).
Sedangkan menurut Ralp. Linton memahami bahwa kebudayaan adalah sejumlah total pengetahuan, sikap, dan pola, serbagai berbagai hal yang dibiasakan dengan anggota masyarakat tertentu. Berbagai hal terkait dengan kebudayaan akan tampak luas pengertianya yang berdasarkan apa yang dipengaruhinya.
Berbagai pengertian mengenai kebudayaan merupakan salah satu pengertian dasar mengenai berbagai hal terkait dengan sistem budaya di masyarakat yang mempunyai dampak baik bagi manusia dengan segala sesuatu yang dibuat oleh manusia.
Terkait dengan kebudayaan akan dipahami berbagai hal terkait dengan sistem budaya masyarakat diantaranya memiliki berbagai keunikan manusia melalui belajar. Sedangkan wujud dari suatu budyaa, tentunya meliputi dari suatu kompleks, dari ide-ide, gagasan dan nilai yang menjadi wujudnya.

Pengertian umum dari suatu kebudayaan akan lekat dengan manusia yang menjadi bagian dari masyarakat sebagai sarana terhadap dinamika budaya yang telah tersistem sosial di masyarakat secara konkret. Pengetahuan dasar dari suatu masyarakat akan diketahui berdasarkan sistem budaya masyarakat yang memiliki peran terhadap dinamika yang berlangsung kompleks.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close