Pelaksana Kebijakan : Bagian Dari Dinamika Berpolitik

12/28/2019


Kebijakan merupakan bagian dari sistem budaya masyarakat yang memiliki peran terhadap budaya politik itu sendiri. Karena, dengan berbagai hal terkait dengan sistem masyarakat, maka berbagai kebijakan merupakan bagian dari persoalan sosial di masyarakat yang menjadi bagian dari peran serta masyarakat terhadap suatu perubahan.

Dengan demikian, berbagai hal terkait dengan sistem politik memiliki peran terhadap dinamika masyarakat yang memiliki bagian dari kebijakan sesungguhnya, dengan demikian berbagai hal terkait dengan sistem politik akan mempengaruhi berbagai hal terhadap keputusan yang dibuat.

Pelaksana dinamika budaya berpolitik akan saling mempengaruhi berbagai implementasi kebijakan yang dibuat dengan berbagai sistem politik yang berperan dengan sistem budaya masyarakat. Maka, peran pejabat eksekutif misalnya akan memiliki batas eksekutif  dengan sebutan variasi, diantaranya Presiden, perdana menteri atau kanselor.


Bentuk dari badan eksekutif bisa memiliki peran terhadap kekuasaan yang menjadi sifat simbolik atau seremonial. Tetapi, yang lebih penting memiliki kekuasaan sejati (genuine powers) dalam mengimplementasikan hukum dan kebijakan.

Sedangkan core of government, eksekutif yang memiliki peran terhadap 2 fungsi dasar yaitu, kepala Negara, dan Kepala Pemerintahan yang masing-masing memiliki peran terhadap tugas yang dibuat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close