Sistem Dasar Dari Mekanisme Desa

3/04/2020

Seringkali banyak orang beranggapan bahwa kota merupakan tempat pembawa suatu perubahan. Tetapi, dalam saat ini persoalan desa merupakan salah satu dasar dari perubahan terhadap masyarakat desa dengan memproduksi apa yang menjadi dampak dari sistem ekonomi mereka terhadap pembangunan.

Desa merupakan salah satu sarana dalam memahami berbagai persoalan masyarakat kota dalam mengakses atau mendapatkan bahan produksi sebagai dasar dalam mencukupi kebutuhan pangan mereka. Masyarakat desa, yang enggan meranjak tentunya memahami potensi desa dalam memberikan berbagai sistem ekonomi mereka dalam suau dasar pengelolaan sumber daya.

Sistem desa mudah dipahami, melalui perangkat desa, yaitu dusun, yang merupakan bagian terkecil dari desa. Maka, desa jika dikelola dengan baik akan memiliki potensi yang baik bagi masyarakat untuk memahami keberadaan desa.

Dengan demikian, berbagai hal terkait dengan sistem desa yang mempunyai berbagai hal terkait dengan dinamika masyarakat mereka yang berangsur memiliki potensi untuk mendapatkan bagian dari perubahan. Dalam suatu Negara, desa merupakan bagian  yang amat penting dalam menjalankan roda pemerintahan, mengapa demikian, para ahli mengatakan bahwa desa memiliki potensi untuk maju dalam memenuhi berbagai sektor konsumsi masyarakat.

Jadi tidak heran, jika dalam suatu masyarakat desa yang memiliki peran terhadap suatu budaya mereka, tidak apa-apa karena itu memahami bagian dari pengetahuan mereka terhadap pemanjuan budaya dalam bidang tani mereka yang masih tradisional. 

Memang, terkadang memang berbeda dengan Negara maju, dimana sistem pertaniannya mengalamai pemajuan yang begitu pesat terhadap akses teknologi mereka dalam membaur berbagai sistem yang dibutuhkan dalam sistem desa. 

Apa yang diterapkan dari sistem desa, merupakan bagian dari dinamika masyarakat yang memiliki peran terhadap perubahan dalam desa diberbagai bidang, memang akan berbeda dengan masa sebelumnya. Dalam hal ini, perubahan dalam suatu masyarakat desa, mesti tampak dan dapat diketahui dengan hubungan dasar mereka yang sesuai dengan dinamika desa yang berlamgsung.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close