Sistem Politik Yang Terbangun Pada Masa Orde Baru

3/03/2020

Dengan memahami persoalan politik Orde Baru, dimana dalam sistem pemerintahan yang melibatkan birokrasi Negara, serta perangkat sistem struktur birokrasi terkecil dalam setiap tempat kita berada. Pendek kata, dinamika politik yang berada pada posisi tersebut, sehingga pergolakan politik yang memang sudah dicanangkan mereka berdasarkan sistem politik pada masa itu.

Peran militer menjadi alat sebagai bagian dari pergolakan politik, sehingga sampai pada sistem masyarakat yang memiliki peran dalam hal ini. Berbagai persoalan itu, dinamika politik yang berangsur dengan demikian berbagai cara pun dilakukan, hingga tahanan rumah pun terjadi.

Seringkali, ini menjadi sorotan bagi public untuk bisa melangsungkan sistem itu atau hapus dengan berbagai jajarannya yang terlibat dalam hal ini. Berbagai persoalan sistem politik ketika itu, membuat korban yang tidak berdaya menjadi bagian dari sistem pemaksaan terhadap upaya mereka melangengkan kekuasaanya. Dari persoalan etniks, agama serta ras. 

Peran dinamika mungkin, akan masuk dalam doktrin kita terhadap upaya memahami berbagai persoalan politik yang menjerat banyak masyarakat dalam situasi politik yang buruk. Itu menjadi gambaran dasar terhadap upaya dalam memahami berbagai persoalan kekuasaan ketika itu.

Dimana pembangunan? terutama melibatkan berbagai hal dalam dinamika politik dalam hal ini, bisakah hal ini menjadi dasar atas keberadaan mereka dalam sistem politik saat ini? Perubahan, yang menjadi bagian dari sistem politik yang melibatkan banyak kalangan, dimulai dari birokrasi, tatanan sosial, kelompok, serta organisasi tertentu. 

Berbagai persoalan dalam hal ini, tentunya menjadi peringatan dasar atas upaya dalam melibatkan berbagai unsur dalam hal ini. Tidak memudahkan segala bidang aspek, tetapi apa yang melibatkan persoalan sosial di masyarakat, tentunya akan menjadi dasar dari dinamika yang perlu diketahui menjadi dasar dari acuan dalam menghapus mereka dalam keterlibatan mereka dalam membangunan masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close