Dos Santos : Menganalisis Tiga Macam Bentuk Dependensia

4/12/2020

Hubungan saling ketergantungan antara satu atau banyak ekonomi, dan hubungan antara mereka dengan perdagangan dunia yang berada dalam suatu ketergantungan. Bagi Dos Santos, rakyat Amerika Latin pada dasarnya menjadi bagian dari sistem kapitalis dunia.

Dari segi sejarah perkembangan bentuk dependensia dapat diketahui tergantung pada monopoli perdagangan yang dilengkapi dengan monopoli perdagangan yang dilengkapi dengan monopoli tanah, tambang, tenaga kerja di Negara jajahan.

Kedua, tergantung pada financial-industry, yang dimulai sejak era kemerdekaan dan ditandai oleh konsentrasi capital di Negara centers, dan dengan penanaman investasi modal dalam bidang produksi bahan mentah dan produk pertanian di Negara periphery.

Sedang ke tiga, adalah ketergantungan industry teknologi (teknological-industrial), muncul setelah perang dunia kedua dan ditandai munculnya perusahaan multinasional yang mendirikan pabrik yang berkaitan dengan pasar domestic negara yang bergantung.

Menurut Dos Santos, konsep ketergantungan (dependence) tak dapat dibahas diluar pisah dari teori imperialism, pada dasarnya teori dependensia adalah relasi imperialism internal dari negara-negara Amerika Latin, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari Dos Santos teori dependesia adalah pelengkap dan implementasi dari teori imperialisme yang lama.

Untuk adanya muncul ketergantungan ketika itu, maka teori pembangunan memang baik untuk digunakan dalam suatu situasi yang ada pada pedekatan terhadap persoalan ketergantungan dalam situasi yang terjadi. Ini sebagai contoh bahwa Negara Amerika Latin Dan Invenstasi Amerika Utara memiliki pengaruh terhadap persoalan dampak dari the new dependence.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close