Kritikan Masyarakat Barat ?

8/17/2020

Berbagai kajian yang telah dibuat berdasarkan pandangan ahli melalui pengetahuan yang mereka terimanya berabad-abad sebelumnya. Ketika kita mencoba mengkritik supremasi pemikiran Barat, dengan berbagai pandangan ahli yang baik sebetulnya kurang memperhatikan posisi kebudayaan Non-Barat (Oriental).

Sebuah contoh pada suatu persepsi masyarakat yang pahami dengan pandangan makanan Barat sebagai sesuatu yang lebih berkelas merupakan rasa inferior terhadap Budaya Barat. Pandangan para ahli Negara ini, tentunya dapat dipahami dari berbagai buku yang diterbitkan bahwa masyarakat Barat dapat mengendalikan berbagai aspek termasuk Ekonomi, Sosial, Budaya, Serta Politik.

Aspek yang baik, tentunya memunculkan sebagai pandangan yang baik terhadap upaya dalam memahami berbagai istilah yang dibuat berdasarkan dinamika pengetahuan yang terus berubah sesuai masa hal ini tergantung pada Budaya Barat sebagai kelompok yang superior.

Bagi Negara maju, akan memunculkan sebuah inovasi yang baik terhadap berbagai hubungan dasar dari dinamika kebutuhan suatu Negara. Jika berbagai hal terkait dengan sistem politik akan mempengaruhi berbagai aspek maka hal yang dapat dipahami dengan dinamika pemikiran Foucault, Edward Said yang memandang akan berjalan dengan cara yang lebih kompleks, tidak hanya top-down (hegemoni), tetapi juga (bottom-up)diskursus.

Pandangan sebuah kebudayaan Barat sudah menganggap dirinya sebagai “pusat” perkembangan peradaban manusia, suatu proses kolonialisme (penjajahan) dan rasisme, tentunya akan memunculkan sebuah perkembangan teknologi ilmu pengetahuan, serta kekuataan modernisme.

Suatu dinamika kemajuan kebudayaan Barat, tentunya akan memunculkan berbagai upaya dalam memahami aspek dinamika masyarakat yang seringkali menjadi dasar dari pengertian masyarakat yang dapat dipahami dengan suatu kemajuan peradaban.

Kebiasaan pandangan mengenai masyarakat Barat akan dipahami dengan nuansa ingroup superiority dan berupaya untuk membangun totalisme kekuasaan terhadap eksistensi kelompok outgroup.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close