Sistem Struktural : Kesenjangan Sosial

8/07/2020

Persoalan mengenai kesejangan sosial, merupakan salah satui persoalan terhadap sistem sosial yang ada di masyarakat. Kesenjangan sosial, muncul dikarenakan adanya ketimpangan dalam ketidakberdayaan suatu masyarakat, dalam mengakses sumber daya mereka terhadap hasil yang diketahui miliki mereka.

Hal ini, tentunya berdampak pada masyarakat Desa, yang menjadi bagian dari masalah kesenjangan sosial, yang seringkali menjadi persoalan terhadap sistem struktural. Masyarakat, akan berdaya mereka memiliki peran terhadap kebutuhan mereka, dengan memenuhi subsistensi mereka terhadap hasil yang dikelola mereka dengan baik.

Berbagai persoalan terhadap kesenjangan sosial, tidak hanya diketahui pada masyarakat Desa, tetapi pada masyarakat kota, serta berbagai Negara maju pada sistem pedesaan, serta masyarakat pinggiran.

Yang bisa diketahui pada masyarakat ini, tidak hanya pada aspek pendidikan saja, tetapi bagaimana mereka bisa bertahan dengan kondisi Gliobal yang dapat menimpa mereka dalam suatu Negara. Pemikiran terhadap kesenjangan sosial, tentunya berdasarkan pemenuhan Hak dasar mereka sebagai manusia dan Negara.

Pada masyarakat yang memiliki nilai terhadap berbagai akses yang diketahui berdasarkan dinamika masyarakat, serta pola konsumsi mereka. Keberdayaan menjadi salah satu dari sistem budaya masyarakat yang berperan terhadap dinamika masyarakat dengan berbagai sistem kebutuhan yang dapat mereka terima.

Karena itu, berbagai persoalan dalam sistem sosial budaya masyarakat, dapat menjadi kebertahanan mereka dengan berbagai persoalan konflik yang terjadi di masing-masing wilayah yang ada.

Ini merupakan salah satu sistem sosial yang berada pada masyarakat kelas, karena itu masyarakat yang memahami apa yang menjadi kebutuhan dasar akan tetap menjadi prioritas terhadap berbagai kebutuhan sebagai pelengkapnya.

Kesenjangan sosial dalam suatu Negara, akan tetap terjadi dengan berbagai hal terkait dengan sistem dinamika masyarakat yang berujung pada poersoalan sosial masyarakatnya. Maka, bisa diperbaiki dengan persoalan sosial yang menjadi persoalan terhadap sistem dinamika masyarakat mereka.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close