Pola Kehidupan Masyarakat Suku Batak Urban

11/30/2020

Persoalan suku Batak di Kalimantan Barat, tepatnya pada masyarakat urban. Dengan kehidupan berpindah-pindah menjadi dominan terhadap pekerjaan yang mereka kerjakan, hal ini dapat diketahui mereka bekerja sebagai pengajar dan medis kesehatan.

Persoalan yang perlu diketahui bahwa, hubungan kegiatan kerja mereka tentunya bukan berasal dari sistem produksi mereka sendiri berdasarkan ajaran agama. Seringkali ini, menjadi temuan terhadap dinamika politik di Kalimantan Barat, kebudayaan Batak jika telah masuk pada marga Batak seharusnya tidak memiliki akses terhadap sumber produksi mereka terhadap kebudayaan Jawa.

Temuan yang dapat dipahami bahwa ajaran agama, menjadi bagian dari sistem dinamika ekonomi politik suku Batak, yang diprakasai oleh masyarakat suku Daya, yang kebetulan pada saat itu kepemimpinannya ada Gubernur Drs. Cornelis, M.H.

Persoalan yang dapat diketahui mengenai kehidupan mereka, bisa berubah-ubah berdasarkan sistem politik yang mereka terapkan, kemudian mereka mendekati berbagai hal terkait dengan sistem kepemimpinan wilayah Urban, dan yang datang pada tingkat Indonesia.

Memang menarik, untuk dibahas mengenai sistem sosial politik mereka di masyarakat, tidak tahu mengapa hal ini, ketika kita menyadari bahwa agama hanya menjadi alat produksi dan sistem politik agama di masyarakat, temuan ini dapat diketahui di Kalimantan Barat.

Berbagai temuan yang menarik ketika, kejujuran dalam bertindak dengan aspek sosial di bidang kesehatan dan pendidikan, ternyata mereka tidak dapat tanggap dengan persoalan kesehatan di masyarakat. Dimana, mereka berada saat ini merupakan penentu terhadap aspek sosial politik mereka di masyarakat.

Ketika mendalami berbagai budaya yang memiliki identitas kesukuan, maka berbagai hal terkait pola kebudayaan mereka dapat diketahui dengan sistem politik daerah yang mereka gunakan secara berkelompok. Pedekatan yang dapat dipahami ketika keterlibatan aspek agama dalam hal ini berperan terhadap dinamika kehidupan mereka.

Layaknya menjadi temuan terhadap dinamika sosial politik, dan kini menjadi kepentingan Negara. Yang menjadi penting bahwa berbagai perubahan yang dinamis berdampak pada aspek ekonomi politik yang melibatkan sejumlah organisasi masyarakat sipil, pemerintahan, dan Negara sebagai kepentingan politik mereka pada masa pemerintahan Presiden Jokowi ini.

Persoalan yang disadari bahwa berbagai persoalan dapat diketahui dengan sistem pemahaman yang didapati pada masa pemerintahan 2007 hingga berlanjut pada sistem politik Indonesia, dengan adanya dinamika budaya politik yang melibatkan organisasi non pemerintah. 

Hal ini, juga melibatkan tokoh agama Katolik yang menjadi catatan penting terhadap prilaku yang dapat melanggar. Mungkinkah, mereka benar dalam hal ini ? ternyata mereka tidak taat dalam beragama.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close