Prilaku Masyarakat Batak Ketika Berasimilasi Budaya

11/30/2020

Salah satu persoalan mereka ketika di Kalimantan Barat, tepatnya pada masyarakat urban, yang telah berasimilasi dengan masyarakat Jawa secara pribadi, ketika mereka menggunakan wilayah asal seperti di mengaku orang Sumatera, Batak Silaban, dan kemudian mengaku orang Surabaya, Jawa, Marpaung.

Dengan krisis identitas yang dibawa mereka, dengan menggunakan nama jalan kota Pontianak Jln. Zainuddin tentunya memiliki kisah klasik terhadap karakter film tersebut, sejenis dengan prilaku masyarakat Melayu.

Ketika mereka berada pada persoalan terkait dengan Bahasa, pekerjaan mereka yang hanya ada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, merupakan salah satu pendidikan karakter yang memang biasa digunakan mereka untuk bertahan hidup.

Pola kehidupan mereka dengan persoalan ini, ketika mereka berpindah penduduk dengan berbagai wilayah keberadaan mereka, tentunya mengarah pada prilaku masyarakat yang mereka ketahui suram untuk masa depan.

Karakter yang dibentuk melalui rumah akan saling mempengaruhi prilaku mereka terhadap sistem produksi mereka terima. Hal ini pun menjadi catatan bagi setiap kepada Negara, untuk memahami kondisi yang mereka perbuat sendiri dengan prilaku mereka di masyarakat.

Apa yang dapat diketahui dengan sistem pemahaman terhadap budaya yang mereka emban tentunya mengarah pada persoalan berbagai sistem budaya yang mereka ketahui suku, agama dengan identitas yang mereka bawa tentunya sudah dibatas kewajaran.

Agama bukan untuk menjadi alat mereka untuk bertahan hidup diberbagai wilayah dengan semaunnya mereka memiliki peran di masyarakat dengan sistem preman yang mereka kembangkan seperti di DKI Jakarta, kemudian membuat keributan. Jika telah berasimilasi secara budaya hendaknya mereka untuk tidak membawa persoalan budaya Jawa dalam kaitanya di masyarakat.

Aspek yang dapat diterima ketika ini akan mengarah pada sistem konflik yang mereka perbuat terhadap pemahaman yang memang mengarah pada dinamika sistem sosial budaya secara detail mesti dipahami sebagai pembelajaran hidup ditengah masyarakat, dengan nilai-nilai budaya serta moral, meskipun akan diketahui dengan cukup bermoralkah hal ini.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close