Program Mandiri Dan Negara : Asal Mula Adanya Konflik Sosial Di Masyarakat

11/04/2020

Kedatangan masyarakat untuk perubahan hidup mereka secara sosial, dimulai dari keberadaan mereka di Ibu Kota, kemudian ke wilayah yang berasal dari sumber ekonomi salah satunya  Kalimantan,  Kalimantan Barat, mulanya untuk menetap mereka seperti dengan apa yang di ketahui dengan kereta yang mereka miliki, dan berbondong-bondong dengan angkutan massal.

Keberadaan mereka diberbagai wilayah, tentunya berdampak pada sistem ekonomi budaya mereka terhadap aspek sosial di masyarakat, Dengan memahami bahwa keberadaan mereka, juga didukung dengan program pemerintah, Orde Baru, dan hingga saat ini.

Sehingga, keberadaan mereka diberbagai wilayah tentunya berdampak pada sistem sosial di masyarakat asli, atau masyarakat Desa, yang dikenal dengan masyarakat adat, yang berbudaya berdasarkan nilai-nilai luhur mereka.

Penerapan yang dapat diketahui bahwa mereka memahami sistem sosial mereka terhadap berbagai kebudayaan dibuat berdasarkan sistem politik di masyarakat. Tidak dapat dipungkiri ketika usaha mereka dalam melengserkan setiap pemerintahan.

Dengan mengamti pola prilaku mereka di masyarakat, dapat dipahami dengan suatu nilai sosial budaya yang hendak menjadi persoalan terhadap sistem politik sosial yang berdampak pada keributan yang melekat pada sistem budaya mereka.

Seringkali hal ini menjadi salah satu persoalan terhadap dinamika sosial di masyarakat, yang sering menjadi persoalan sosial juga, sehingga konflik sosial akan mengalami berbagai persoalan terkait dengan sistem yang dibuat.

Ketika, memahami bahwa mereka sebetulnya berada pada posisi marginal dan tidaknya mereka itu tergantung pada kehidupan mereka saat ini. Dengan demikian, usaha dan upaya apa yang akan mereka kerjakan dengan nilai-nilai yang menarik perhatian di masyarakat, sehingga itu yang menjadi acuan terhadap proses keberlangsungan hidup mereka yang berada pada sistem tatanan sosial yang memiliki aturan di masyarakat.

Memahami berbagai persoalan yang memiliki dasar terhadap sistem budaya di masyarakat, akan diketahui dengan peran serta terutama kontribusi mereka terhadap suatu Negara, budaya mereka yang memang menjadi acuan terhadap pembentukan human  . Kualitas sumber daya manusia diberbagai aspek tentunya dipahami dengan kesadaran diri yang tinggi, dan moral serta nilai di masyarakat, apakah mereka layak dan pantas untuk hal ini.

Untuk di Indonesia, tentunya hal ini telah melampaui batas kewajaran yang hendaknya dipahami dengan aspek yang tidak penting dalam suatu kebudayaan di masyarakat. Ekonomi politik pun berlangsung, dengan amat sederhana terutama cara-cara yang digunakan serta apa manfaatnya terhadap pembangunan manusia.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close