Sikap Rasis Tidak Meniadakan Rasisme

11/13/2020

Suatu kelompok dapat mengaku bahwa persoalan mengenai masyarakat asli yang lain pendatang, akan menjadi perbincangan terhadap persoalan yang saling ingin menguasai orang lain sebagai penjajah baru dengan mengatasnamakan nativitas. “kami adalah orang asli”.

Seorang individu yang memiliki kategori tertentu dan merendahkan atau  direndahkan orang lain. Resistensi terhadap ideology maupun diskursus penjajahan yang inhumane, maka menjadi hal tersebut dan melanjutkan dengan proses dominasi.

Kesadaran etis untuk tidak menjajah akan menjadi kelompok masyarakat lain adalah hal penting untuk menrefleksikan secara terus menerus. Para ahli, seperti Edward Said memandang bagaimana Budaya Barat telah berhasil membangun ide, diskursus, dan persepsi yang mereduksi budaya Timur Tengah ( oriental ).

Sebagai sesuatu yang orasional, tentunya dengan memperkuat dan akhirnya juga menjadi sebuah proses penjajahan. Mengenai rasis tentunya berkaitan dengan kulit hitam dan putih, cocok sekali dengan persoalan di Amerika Serikat, yang dapat dipahami dengan kemajuan Negara dan masyarakatnya.

Dengan berbagai persoalan terkait hal ini memang berada pada setiap sistem budaya politik yang mengarah pada kepentingan Negara. Tetapi, dalam hal ini proses Demokrasi yang telah berlangsung dengan sistem pemahaman yang terkait dengan elemen masyarakat yang memberikan dampak pada dinamika suatu persoalan di masyarakat.

Kita harus berhati-hati dalam memandang budaya dan kehadiran suatu kelompok sosial, karena dalam hal ini kemajemukan, dan pluralism merupakan salah satu acuan terbesar bagi Indonesia untuk melihat berbagai kondisi di masyarakat, baik itu sistem politik, budaya, dan sosial.

Jika suatu kegagalan untuk memahami berbagai persoalan suatu kelompok biasanya terjadi karena kita melihat dari sudut pandang yang bias. Perbedaan yang berdampak pada persoalan konflik tentunya tidak baik, dengan mengusik berbagai ragam budaya yang menjadi pondasi terhadap sistem dinamika di masyarakat.

Biarkan saja, dengan apa yang mereka terapkan dengan persepsi yang memang berdampak pada sebuah kebudayaan, yang memang mengarah pada rasionalitas di balik ide dan tindakan yang mereka percaya.

Karena, dengan begitu, resistensi apa yang dapat menuaikan hasil yang baik. Tentunya hanya akan mendatangkan persoalan konflik, serta berbagai hal terkait dengan sistem tatanan sosial yang mustahil untuk dihadirkan, apalagi dengan adanya pengakuan sosial di masyarakat.

 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close