Siapakah, Dan Bagaimana Jemaat Memahami Bencana?

3/08/2022

Ketika kita bertanya, bahwa Siapakah teman Anda, atau siapakah yang paling mengasihi Anda?’ dia bertanya kepada jemaat. ‘Apakah orang yang memberi tahu Anda semua baik-baik saja di Sion, bahwa kemakmuran akan segera datang atau apakah orang yang memperingatkan Anda bahwa bencana dan kesulitan-kesulitan yang dijanjikan akan datang kecuali asas-asas Injil dijalankan? Saya ingin Anda mengetahui bahwa saya mengasihi anggota Gereja.

Dan saya tidak ingin satu pun di antara mereka menuduh saya ketika kita melewati tabir keberadaan fana dan mengatakan, “Seandainya saja Anda telah memperingatkan saya maka saya tidak akan berada dalam situasi ini.” Dan oleh karena itu saya mengangkat suara peringatan dengan harapan agar saudara lelaki dan perempuan saya.

Presiden Smith mempertimbangkan mengenai masalah-masalah pendisiplinan Gereja. Penatua Gibbons mengingat, “Keputusan-keputusannya selalu dibuat dengan kebaikan hati dan kasih dan dengan banyak pertimbangan belas kasih yang dapat dibenarkan dalam situasi tersebut. Adalah lazim baginya untuk mengatakan ketika mempelajari situasi-situasi dalam kasus yang sulit, ‘Mengapa orang tidak berperilaku dengan baik?’ Ini tidak diucapkan dengan cara yang menuduh atau menghakimi melainkan dengan perasaan sedih dan menyesal.”

Berbagai persoalan bencana yang terjadi diberbagai wilayah yang ada di setiap kabupaten dan berbagai kasus kelaparan, konflik Negara dan lainnya terjadi. Maka, akan erat dengan aspek kehidupan sosial budaya di masyarakat dengan adanya masyarakat adat lokal, yang hingga saat ini menyebabkan bencana tersebut terjadi, seperti di Papua.

Apa yang terjadi kab. Sintang ketika beberapa bulan yang lalu maka dapat disampaikan bahwa berbagai hal terkait bencana alam, dan banjir telah menyebabkan aktivitas di masyarakat, dan rumah – rumah yang terjadi dengan baik itu berbeda, dan setiap tahun seringkali terjadi hingga saat ini.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close