Budaya Konsumen Masyarakat Secara Universal

8/14/2016

Budaya Konsumen Masyarakat Secara Universal
Gagasan  dan ide mengenai budaya konsumen tentunya berkaitan dengan dunia modern, praktik sosial, ide-ide, aspirasi, nilai budaya inti, dan identitas didefinisikan dan lebih berorientasi pada konsumsi daripada pada dimensi sosial lainnya, seperti kerja, kosmologi agama, kewarganegaraan, serta peranan militer.

Kemudian, untuk masyarakat pasar, jasa-jasa, barang-barang, dan pengalaman diproduksi agar dapat dijual dipasar konsumen. Dalam hal ini, budaya konsumen berkembang sebagai bagian dari sistim kapitalis. Sedangkan hubungan sosial, kegiatan, objek, secara prinsip dapat dijadikan komoditas. Sebagai komoditas, diproduksi dan didistribusikan dengan cara impersonal, tanpa melihat orang perorang atau secara pribadi.

Budaya konsumen sering merujuk pada gagasan konsumsi massa karena ia menunjuk generalisasi dari konsumsi komoditas pada seluruh lapisan masyarakat. Konsumsi massa hanya salah satu bentuk dari prinsip yang lebih fundamental, yaitu gagasan untuk menghasilkan barang dalam jumlah besar guna dijual kembali bagi khalayak umum.


Barang dan jasa yang ada jika berdasarkan budaya kunsumen dapat menjadi suatu produksi yang bebas untuk dijual kepada siapa saja, tanpa melihat berbedaan sosial. Sehingga, jika dipahami lagi, bahwa budaya konsumen bersifat universal dalam masyarakat kapitalis dan pascakapitalis. Seperti contoh, paket-paket liburang atau wisata yang ditawarkan oleh biro perjalanan dan dirancang dengan baik, guna diminati lapisan masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close