Peradaban Terhadap Teknologi Dan Ekonomi

8/14/2016

Peradaban manusia semakin berkembang dimasyarakat, dengan diiringi teknologi baru yang lahir dan rekayasa maju yang mendukung. History manusia telah membawa manusia melewati era berburu, dan pengumpulan hasil hutan yang diikuti domestikasi binatang piaraan, dan kemudian disusul dengan revolusi agrikultur, sampai pada zaman Yunani Klasik yang menjadi lahirnya sains modern.

Dengan begitu, pemikiran mengenai teknologi dan ekonomi menjadi saling terkait di masyarakat, bukan bearti keduanya sama. Teknologi suatu masyarakat terdiri dari peralatan, teknik, dan pengetahuan yang diciptakan anggotannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan keinginan mereka, sedangkan ekonomi suatu masyarakat berisi cara-cara yang diorganisasi secara sosial, dengan cara tersebut barang dan jasa diproduksi dan distribusikan.

Jika berdasarkan perkembangan saat ini, proses teknologi modern sebaliknya membentuk sistim produksi manufaktur, perusahaan, jasa, subkontrak, industrial, dan subkontrak komersial. 

Sehingga keterkaitan antara industry perusahaan barang dan jasa, telah menumbuhkan proses industrialisasi. Negara-negara yang mengalami perkembangan dibidang teknologi, telah diyakini mampu mendorong negara tersebut kearah kemajuan teknologi, seperti Amerika, Inggris, bahkan Jepang.

Kemampuan teknologi yang tinggi diyakini menjadi hasil karya dari kebudayaan manusia, yang tentunya dapat membawa perubahan sosial sebuah masyarakat. Bahkan hal ini tak jarang teknologi dapat dijadikan salah satu ukuran suatu Negara. Hal ini akan membawa pada hal yang menarik di masyarakat melalui kompetisi untuk menciptakan teknologi yang lebih canggih demi mencapai kemajuan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close