Teori Fungsional Talcott Parsons

9/05/2016

Para ahli teori fungsional menjelaskan secara seksama mengenai adanya stratifikasi dengan menekankan pada fungsi status-status dalam masyarakat yang dinilai menunjang kesinambungan masyarakat. Saah satu ahli yang mengemukakan teori stratifikasi dengan kerangka pikie fungsional adalah Talcott Parsons. Teori yang dikemukakan adalah teori evolusioner fungsional.

Parson memiliki pemahaman sendiri mengenai evolusi sosial secara umum yang terjadi karena kecenderungan masyarakat untuk berkembang yang disebutnya sebagai kapasitas adaptif. Kapasitas adaptif adalah kemampuan masyarakat untuk merespon lingkungan dan mengatasi sebagai masalah yang selalu dihadapi manusia sebagai makhluk sosial. Masyarakat yang telah berevolusi selama berabad-abad adalah melalui kapasitas adaptif yang semakin tinggi.

Dalam hal ini, Parson beranggapan bahwa timbulnya stratifikasi sebagai aspek penting dari evolusi akibat meningkatnya kapasitas adaptif dalam kehidupan sosial. Stratifikasi berperan penting bagi masyarakat dalam mengatasi keterbatasan-keterbatasan mereka. Kemudian, para ahli seperti Kingsley Davis dan Wilbert Moore, mengemukakan bahwa logika yang sama dengan teori dari Parsons, namun lebih memusatkan perhatiannya pada masyarakat modern. 

Kedua para ahli ini, memiliki pendapat yang berbeda mengenai stratifikasi, dimana dibutuhkan demi keberlangsungan hidup masyarakat, sebagai kebutuhan fungsional dasar untuk terciptannya tatanan kehidupan sosial sehingga stratifikasi sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close