Melihat Kembali Pelembagaan Politik Ekonomi Indonesia

12/18/2017

Ekonomi Indonesia merupakan suatu tantangan dalam menyeimbangkan tanggung jawab kesejahtreaan ekonomi. Hal ini juga berpengaruh terhadap energy pasar yang juga menyemangatkan pertumbuhan di Indonesia.  Jika berdasarkan catatan sejarah yang ada,  pada tahun 1959 misalnya, pergeseran rezim “demokrasi parlementer” menjadi “demokrasi terpimpin”, pergeseran yang terjadi juga disebabkan karena stagnasi pertumbuhan ekonomi. Begitu juga dengan “demokrasi terpimpin” ke demokrasi pancasila yang juga terjadi kemelut ekonomi pada 1966 saat itu. Kemudian pada tahun 1998 dimana pergeseran orde baru juga terjadi krisis ekonomi.

Pengaruh politik di Indonesia juga akan berdampak pada sistim ekonomi di Indonesia, dimana rakyat dapat makan, dan memenuhi kebutuhan hidupnya juga menjadi salah satu polemic yang terjadi ketika itu. Sehingga terjadi keguncangan terhadap sistim ekonomi di Indonesia. Belajar dari pengalaman pemeritahan yang lalu. Maka, pada masa ini dimana revolusi saat ini, terutama dalam sector ini harus benar-benar diterapkan untuk menjaga kestabilitas ekonomi di Indonesia.

Baca Juga :
~Mobil Murah dan Mewah Sama Saja Kali Ya UU BBM !!

Ini terlihat ketika, otoritas negara dalam pengendalian pasar semakin berkurang. Dengan adanya, control dalam menentukan harga-harga kebutuhan pokok, penetapan suku bunga, arus modal yang bebas, serta kehadiran bank sentral yang independent. Komitmen yang begitu kuat ketika menangani resiko ekonomi politik yang diwariskan sebelumnya, dan hingga saat ini kiranya perlu dibenahi. Dimana penguatan pasar dan bisnis diperkuat, begitu juga penghapusan subsidi BBM dan merelokasikan pembangunan infrastruktur dan penguatan sistim jaminan kesehatan dan pendidikan.

Dengan program-program yang direncanakan secara startegis, dengan begitu Negara yang  saat ini dapat berhati-hati dalam menangani ekonomi politik di Indonesia. Apalagi, hal yang sulit dihindarkan dari beberapa lawan politik yang terus mengkritik kebijakan yang telah ditetapkan. Dimana, banyaknya hal mengenai persoalan BBM saja sudah menjadi polemic dari tingkat bawah ke atas. Begitu juga dengan pajak, hal ini tentunya menjadi salah satu tantangan Indonesia.


0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close