Faktor Pasar Mempengaruhi Sistem Ekonomi

3/08/2018

Pasar merupakan tempat bertransaksi dan merupakan factor yang sangat mempengaruhi sistem ekonomi/pertanian. Apa yang dikemukakan pada bagian depan, dimana sistem petani diartikan sebagai sistem ekonomi yang mulai mempertukarkan hasil-hasil pertaniannya. Dengan adanya pasar maka terjadilah hubungan antara mereka yang bersifat ekonomi.

Ketika, impor menjadi persoalan di Indonesia maka peran dan kehidupan petani juga akan mempengaruhi hasil. Dengan demikian, pentingnya pasar dalam kehidupan Desa yang dikemukakan Eric R. Wolf begitu penting, meskipun begitu banyaknya Desa, namun keberadaannya tidak mampu memecahkan atau membuyarkan komunitas Desa. 

Dalam hal ini, sistem ekonomi/pertanian Desa dengan demikian tidak lepas dari peran pasar, namun keutuhannya sebagau suatu komunitas masih tetap dipertahankan. Komunitas merupakan peran besar terhadap sistem ekonomi pertanian. Situasi dan kondisi inilah yang menyebabkan sistem ekonomi masyarakat Desa tidak dapat lepas dari sistem sosial.
Yang perlu dimengerti bahwa peranan pasar, tidak hanya menciptakan sistem ekonomi/pertanian saja, tetapi juga perkembangannya terutama Desa. Peran Desa begitu penting dalam mencapai kemandirian secara sosial dan ekonomi, melainkan telah mulai menjadi bagian dari suatu kesatuan sosial ekonomi yang lebih luas. Untuk dipahami maka, Desa juga mesti menyesuaikan diri dari persoalan diluar Desa juga, terutama persoalan pangan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close