Pariwisata Pedesaan Berdasarkan Potensi Yang Ideal

4/12/2018

Pariwisata Desa merupakan salah satu bagian terpenting dalam menyehatkan kondisi masyarakat, hal ini diperlukan penyelenggara Desa yang dilestarikan sehingga berkelanjutan. Terwujudnya pariwisata Desa yang lestari tentunya selalu didambakan terhadap kelompok wisatawan. Wisata alternative pedesaan yang mengajak peranan aktif dalam memanfaatkan lingkungan dengan mengembangkan musim.

Tujuan wisata dan berpotensi sebagai objek dan daya tarik wisata yang lestari atau berkelanjutan, alasan yang mengemukakan karena wisata Desa yang berkembang di Desa-desa wisata memiliki cirri yang sangat menonjol dan yang membedakannya dari Desa atau daerah yang lain.

Desa merupakan salah satu kualitas lingkungan alam yang baik, asli beragam, warisan sejarah dan budaya yang khas dan unik. Kemudian, yang terpenting adalah masyarakatnya menyadari akan keberadaannya serta ada kesadaran “rasa memiliki” yang tinggi atas segala sesuatu yang memberinya cirri khusus sebaga Desa Wisata.

Berdasarkan ahli budayawan Raymond Williams menyebutkan bahwa semua keindahan, dan warisan budaya adalah lambang “jaman keemasan”, yaitu suatu zaman yang mendukung dan mengkondisikan masyarakatnya mengalami kehidupan yang baik dan ideal. Dengan mengilustrasikan tradisi masyarakat Daerah/Pedesaan yang dinilai sebagai suatu kondisi kehidupan yang bertentangan dengan masyarakat di perkotaan.

Sedangkan mengenai sikap masyarakat terhadap daerah pedesaan menyatakan bahwa peran dan fungsi menggambarkan daerah pedesaan dan pedalaman yang dianggap sebagai dunia kehidupan masyarakat yang lebih baik. Kenyataan tentang pedesaan dan kehidupan masyarakat Desa merupakan wujud dan contoh idealisasi nilai-nilai, gambaran dan pandangan orang-orang tentang kehidupan masyarakat yang mengesankan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close