Metode Analisis Struktural Fungsional

5/09/2018

Perlu diketahui bahwa dalam teori fungsionalisme structural yang dinyatakan masyarakat merupakan suatu sistem yang secara fungsional terintegrasi dalam suatu bentuk keseimbangan, dan bertolak dari anggapan tersebut maka perlu diketahui ketika persyaratan fungsional dalam sistem atau subsistem dalam sebuah masyarakat.

Analisis struktur fungsional terhadap sistem sosial, tentunya menyangkut struktur sosial maupun tindakan sosial adalah perwujudan dari nilai dan penyesuaian dengan lingkungan. Kenyataan yang demikian menuntut suau konsekuensi adanya persyaratan fungsional. Menurut Talcott Parsons, sebagaimana dipahami bahwa ada fungsi-fungsi yang harus dipenuhi terhadap kelestarian sistem.

Adapun fungsi yang ada yaitu, suatu hubungan dengan kebutuhan sistem internal atau kebutuhan sistem pada saat berhubungan dengan lingkungannya (sumbu internal-eksternal). Kemudian, hubungan dengan pencapaian tujuan dan sarana alat yang perlu dalam mencapai tujuan (instrumental consummatory).

Sementara ada lagi empat yang berhubungan dengan sistem tersebut, yaitu adaptasi dimana sistem itu menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan mengacu pada kemampuan sistem untuk menjamin kebutuhan lingkungan serta jaringan sistem. Kemudian, sistem haruslah mempunyai alat yang mampu menggerakkan sumber daya agar kegiatannya dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan . Dalam pencapaian perlu adanya priorotas pelaksanaan agar kegiatan berjalan.

Kemudian, integrasi dimana sistem harus mengadakan koordinasi dan pembinaan serta pemeliharaan hubungan antara sub sistem sehingga keseluruhan sistem itu fungsional. Analisis structural fungsional tersebut, tentunya nmengacu pada bagian terhadap suatu proses keseimbangan dan kebutuhan yang memang harus dipahami.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close