Teori Pertukaran Sosial George C. Homans

5/11/2018

George C Homans membahas mengenai teori pertukaran sosial, pada awalnya yang menaruh perhatian mengenai masalah pertukaran sosial dalam mengadakan pendekatan fungsionalisme structural. Berdasarkan hal tersebut, maka teori pertukaran sosial yang dikembangkan oleh George . Homans terlebih dahulu dikemukakan pandangan mengenai teori fungsionalisme structural.

Perlu diketahui bahwa sebelum mengembangkan teori pertukaran sosial, George C. Homans telah mengawali pemikirannya dalam sosiologi pendekatan fungsionalisme structural. Sebagaimana telah diketahui bahwa pendekatan fungsionalime structural adalah suatu pendekatan yang mengarah pada integrasi dan keseimbangan dalam masyarakat.

Penjelasan mengenai fungsionalisme structural yaitu, kelompok dipandang sebagai suatu keseluruhan organis yang terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan. Kemudian, teori yang bersifat abstrak dan dapat digenaralisasikan yang melampaui fenomena yang tunggal, dan teori yang diperoleh secara induktif digunakan untuk membentuk persoalan yang lebih umum dan dapat diterapkan berbagai kelompok.
Sedangkan dalam analisis George C. Homans terhadap analisis fungsionalisme strukturalnya, menggunakan sejumlah pekerja dalam bagian listrik suatu bank, yaitu dengan pengamatan terhadap interaksi pekerja pada suatu bagian linstrik. Atas dasar tersebut maka, diperoleh suatu gambaran adanya suatu sistem internal dan sistem eksternal.

Memahami struktur dan fungsi suatu kelompok, maka masyarakar terorganisasi dalam suatu sistem dan terdiri dari sistem sosial yang kecil yaitu kelompok. Memahami, kelompok yang mengarah pada pemahaman terhadap kelompok yang lebih besar. George mengatakan untuk memahami analisis fungsionalisme structural adalah mengenai pendekatan dan mengkritik pendekatan fungsionalisme structural dan menjelaskan berbagai hal yang menyempurnakan penjelasan struktur sosial lewat prinsip-prinsip pertukaran sosial.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close