Pemahaman Perubahan Sosial, Budaya, Dan Evolusi Kebudayaan

5/02/2018

Peradaban sebagai suatu perkembangan kebudayaan yang mencapai tingkat yang diperoleh manusia sebagai pendukungnya, dari suatu peradaban hal ini tercermin sebagai pendukung suatu masyarakat yang beradab. Berdasarkan para ahli seperti Lewis Henry mengenai adanya evolusi yang akan dan sudah terjadi diseluruh masyarakat dan kebudayaan di dunia yang terdiri dari beberapa tingkatan.

Kebudayaan pada masyarakat di dunia yang selalu mengalami proses perkembangan akan mengalami suatu perubahan secara sosial, budaya, dan dinamika. Hal ini perubahan yang terkait dengan lingkungan kehidupannya alam, sosial dan perubahan sosial. Perubahan sosial tentunya tak lepas dari perubahan kebudayaan yang mungkin akan berjalan bersamaan.

Perubahan sosial yang dipahami disini merupakan perubahan penting yang berdasarkan struktur sosial yang berupa pola interaksi sosial. Struktur yang dimaksud seperti norma, nilai dan gejala budaya lainnya. Perubahan gejala sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia dari mulai tingkat individual sapai global. Dengan demikian, perubahan sosial dapat dipelajari pada satu atau lebih tahapan dengan menggunakan berbagai bidang studi dan satuan analis.
Sedangkan yang dimaksud dengan perubahan kebudayaan adalah suatu perubahan yang terjadi pada sistem budaya, bahasa, kesenian, dan cita rasa pada suatu masyarakat. Perubahan sistem budaya yang dimaksud adalah perubahan pada sejumlah nilai-nilai, norma-norma yang penting dalam suatu masyarakat. Oleh karena itu, perubahan dapat dimengerti secara cepat ataupun lambat.

Sementara evolusi merupakan suatu proses perubahan dan perkembangan yang berjalan secara lambat dari sesuatu yang sederhana menuju kearah yang lebih kompleks, proses evolusi ini dapat bersifat linear seperti suatu pergerakan dari suatu titik ke titik lainnya dalam satu garis saja. Jadi, arah perkembangan mengikuti suatu pola yang pasti dan bersifat multilinear.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close