Budaya : Pemaknaan Perubahan Kebudayaan Lokal Menuju Global

6/03/2018

Tahap kompetisi suatu kebudayaan merupakan bagian dari tak terpisahkan. Jika dilihat dari karakteristik dari suatu kebudayaan maka tingkat dan arah perubahan sangat berbeda-beda menurut kebudayaan dan waktunya. Perubahan kebudayaan dapat berjalan secara lembat, dimana waktu yang lama atau cepat akan menyita wakti yang relative singkat.

Hal ini terdapat beberapa sebab yang dapat melatarbelakangi terjadinya suatu perubahan kebudayaan. Memaknai kebudayaan dapat dipahami lingkungan alam pada suatu wilayah dapat menyebabkan perubahan pada kebudayaan diwilayah tersebut, dimana perubahan pada pola pertanian juga merupakan suatu kebudayaan.

Kemudian, munculnya suatu kebudayaan merupakan bagian dari masuknya sebuah gagasan dan cara-cara baru yang akhirnya menimbulkan perubahan pada nilai dan norma masyarakat setempat. Pada era globalisasi saat ini kontak dengan kelompok lain menjadi sedemikian besar dan mudah, hal ini mengingat derasnya laju kebudayaan baru pada manusia. Hal ini, tentunya tak bisa dihindari ketika arus Global akan memaknai kebudayaan local.

Mengapa demikian? Hal ini, dikarenakan perubahan akan terjadi pada suatu masyarakat atau bangsa, jika pengenalan kebudayaan akan sampai pada titik yang menentukan manfaatnya. Maka, dari itu perubahan juga dapat dikatakan sebagai modifikasi cara hidup dengan pengetahuan dan kepercayaan, serta perubahan dalam pandangan kita terhadap realitas.

Tidak hanya itu saja, perubahan suatu kebudayaan juga mencakup penemuan-penemuan yang dapat menjadi milik masyarakat, misalnya penemuan teknologi informasi, ilmu pengetahuan dan sejenisnya, dari penemuan tersebut maka muncul lah yang dimaksud dengan perubahan kebudayaan masyarakat yang mencakup hubungan social, dan gaya hidup. 

Sementara kebudayaan lain yang mencakup aspek lain suatu Negara, tentunya akan mempengaruhi berbagai hubungannya dengan gambaran keseluruhannya mengenai hubungan Internasional, dan budaya politik. Maka, dari itu makna suatu kebudayaan tentunya harus memperkuat suatu yang namannya ketahanan budaya. Sedangkan pencerahan kebudayaan Nasional telah dimulai dengan melakukan antisipasi dari budaya daerah.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close