Pandangan Pembangunan Terhadap Perubahan Sosial Budaya

6/03/2018

Perkembangan peradaban akan membawa perubahan pada kondisi dimana semakin banyak teknologi industry dan pengetahuan modern, dimana akan merubah berbagai segi dalam bidang hidup manusia. Perbahan social budaya akan terus mengarah pada suatu perubahan yang lebih besar lagi dan didorong dengan bagian eksternal.

Pasar dan budaya global misalnya akan membentuk apa yang disebut sebagai perubahan social budaya global. Perubahan social budaya global tidak lagi menekankan pada individual dan kelompok lokal, dan tak lagi bersifat yang berbeda dan dinamis. Ada berbagai hal yang akan menjadi proses penyebab perubahan social budaya, diantaranya adalah akulturasi, asimilasi, difusi, inovasi, modernisasi dan globalisasi.
Modernisasi dapat diartikan sebagai proses perubahan tradisi, sikap dan system nilai dalam rangka menyesuaikan diri terhadap kemajuan yang telah dicapai bangsa lain. Sedangkan globalisasi adalah suatu system atau tatanan yang menyebabkan seseurang atau Negara yang mungkin mengisolasikan diri sebagai dari kemajuan teknologi dan komunikasi dunia.
Artinya dalam hal ini, bahwa globalisasi adalah suatu kondisi dimana tidak ada lagi batas anatar satu Negara dengan Negara lain dalam hal teknologi komunikasi. Karena, dalam hal ini perubahan ada yang secara lambat dan perubahan secara cepat. Dengan berbagai bentuk perubahan maka perubahan social budaya akan menghadapi perubahan, terutama perubahan yang diakibatkan karena arus globalisasi. Maka, dari itu tantangan dalam memoerkuat nilai-nilai yang baik untuk generasi intelektual bangsa semakin penting.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close