City Smart : Pembangunan Kota Berkelanjutan

6/12/2018

Pembangunan perkotaan merupakan bagian dari suatu perencanaan yang bersifat direncanakan. Maka, dalam pembangunan sarana misalnya pembangunan seperti perumahan, gedung, fasilitas jalan, jaringan listrik, dan lainnya tentunya disediakan fasilitas secara umum. Untuk pembangunan aspek nonfisik berkaitan dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Kemudian, pengembangan sumber daya manusia, kesadaran berpolitik, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, kualitas pendidikan, kualitas keagamaan, dan aspek social lainnya. Hal ini, pembangunan dapat digolongkan kedalam perubahan yang direncanakan. Disisi lain, terdapat pula perubahan masyarakat yang tidak direncanakan.
Maka, jika dipahami bahwa pembangunan merupakan bagian dari pembangunan kota secara keberlanjutan, maka konsep yang digunakan dan dipopulerkan melalui laporan World Commission in Environment and Development (WCED) berjudul Our Common Future (Hari Depan Kita Bersama) yang diterbitkan pada tahun 1987. Pembangunan keberlanjutan sebagai pembangunan yang memenuhi kebutuhan generasi saat ini, yang merupakan gagasan penting.

Gagasan penting, mencakup gagasan kebutuhan, khususnya kebutuhan esensial masyarakat yang harus diberikan prioritas utama. Kemudian, gagasan keterbatasan yang bersumber pada kondisi teknologi dan organisasi social terhadap kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan kini dan hari depan. 
Baca Juga :
Dalam hal ini, tujuan ekonomi dan social harus dituangkan dalam gagasan keberlanjutan di semua Negara maju, maupun Negara berkembang. Maka, cara pandang terhadap pembangunan tentunya secara sistematis, terencana terhadap peningkatan kesejahteraan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close