Civil Society Atau Masyarakat Madani Serta HubunganNya

6/05/2018

Kata masyarakat madani muncul dari terjemahan kata civil society yang awalnya diterjemahkan sebagai masyarakat sipil, dimana kemudian masyarakat madani atau dikenal sebagai masyarakat adab. Sebenarnya, konsep ini sudah lama ada dan berasal dari kata societies civiliza atau political society dan konsep ini sebenarnya menekankan adanya hubungan antara pemerintah dan rakyat, kemudian Negara dan masyarakat.

Di masa lalu, politik selalu berkaitan dengan Negara maka muncul yang namanya konsep Civil Society sebagai arena warga Negara yang aktif dalam politik. Tetapi, pada kenyataannya konsep ini digunakan lebih luas lagi yaitu dikaitkan dengan konsep civilization atau peradaban yang disini berkaitan dengan masyarakat dan suatu kebudayaan yang ditandai dengan adanya supremasi hukum dan nilai-nilai.
Dalam hal ini, dimana konsep ini menyangkut suatu ruang gerak masyarakat yang berada di luar Negara, disini warga Negara dapat terus menerus mengembangkan kemandirian diluar institusi Negara, yang kemudian merupakan landasan bagi terwujudnya pranata politik, formal dan tidak formal.

Baca Juga :

Jika pandangan kita mengenai tenteram, damai, dan tenang maka pada suatu masyarakat dan kebudayaan atau suatu peradaban tertentu, maka sebenarnya terkait dengan istilah yang sebut dengan tertib. Dimana, dalam hal ini kebutuhan mendasar manusia adalah terletak pada keamanan. Maka, dari itu seperti peperangan yang terjadi dapat dihindari dengan pendamaian. 

Karena, sebagai manusia yang berbudaya akan berkaitan dengan mekanisme system pengendalian social (social control) di dalam masyarakat. Sehingga, perilaku harus menjadi acuan dalam menjaga ketertiban. Pemahanam dengan pengendalian social di masyarakat sebenarnya sangat erat dengan kebudayaan masing-masing masyarakat. Karena dalam hal ini, system pengendalian social bersifat internal dan eksternal. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close