Dimensi Singkat Sejarah Etnik Dalam Konteks Masyarakat Indonesia

6/24/2018


Hubungan antar etnik dalam konteks masyarakat Indonesia tidak lepas dari pada masa colonial Belanda. Hubungan antar etnik  pada dasarnya telah terjadi jauh sebelum masa colonial Belanda dalam bentuk  hubungan perdagangan dan pertukaran budaya. Namun, pada masa colonial merupakan satu titik penting dalam kelompok etnik di wilayah jajahan berinteraksi dengan pemerintahan colonial Belanda.

Hal ini dapat diketahui ketika pada tahun 1920 an, dimana pergerakan nasionalis dari berbagai latar belakang etnik berjuang terhadap kemerdekaan. Ketika, banyaknya organisasi masyarakat yang menyuarakan semangat nasionalis. Meskipun demikian, peran penting kolonialisme merupakan bagian dari perjalanan sejarah di Negara-bangsa Indonesia.

Dengan menciptakan Negara dengan system yang sangat birokrasi, juga akan mempengaruhi proses partisipasi politik. Tetapi, pada pasca colonial khususnya pada masa Nasionalis, dimana hubungan antar etnik di Indonesia lebih dipusatkan pada usaha-usaha penyatuan seluruh komponen bangsa yang dalam konteks ini kelompok etnik di dalam suatu identitas bersama yaitu bangsa Indonesia.
Baca Juga : 
Mengenal  kemunculan identitas kultural melalui pertama, pengurangan perlahan-lahan peran hokum adat dan penguasa adat. Dengan mekanisme yang sedikit berbeda dibanding dengan kelompok etnis asli Indonesia. Hal ini, tentunya jelas ketika hubungan antar etnis secara historis di Indonesia, yang diwarnai dengan praktek asimilasi ke dalam identitas bangsa Indonesia.


0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close