Memahami Budaya Media Sebagai Kebutuhan Sosial ?

6/24/2018

Memahami media terkadang sulit dipahami dengan baik, tetapi yang dipahami saat ini mengenai kebutuhan manusia akan informasi komunikasi yang diperoleh melalui pemanfaatan media massa tersebut. Masing-masing media tentunya memiliki karakteristik tersendiri.

Pengetahuan popular dan informasi yang bermanfaat tentang berbagai bidang kehidupan dapat dijadikan acuan dalam mengkritisi media cetak untuk tetap bertumbuh sebagai budaya baca dan budaya tulis. Dalam hal ini media menciptakan estetikanya sendiri, maka hingga saat ini budaya media dapat dikatakan sebagai agen kebudayaan.

Budaya media sebagai wahana yang penting bagi peyebaran kebudayaan dan menjadi factor penentuan bagi konstruksi budaya citra dalam masyarakat.

Media tidak hanya mempresentasikan realitas, tetapi juga memproduksi realitas melalui realitas, dan hiburan. Berbagai latar belakang budaya kritis merupakan kesadaran kritis terhadap konstruktif narasi dan orientasi yang diperoleh.

Dengan memahami hal tersebut maka, perkembangan teknologi media massa, teknologi komunikasi, dan teknologi transportasi yang bermanfaat sebagai sarana manusia untuk memenuhi kebutuhannya atau sebagai sarana manusia untuk melakukan kegiatan konsumsi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close