Kelanjutan Pemahaman Mengenai Talcott Parsons

6/07/2018

Dengan memahami teori fungsional Talcott Parsons adalah dengan memahami proses yang digunakan terhadap pendekatan fungsional dalam melihat masyarakat. Hal ini, tentunya menyangkut fungsi dan prosesnya, pendekatan selain diwarnai oleh adanya keteraturan masyarakat yang ada di Amerika Serikat yang juga dipengaruhi oleh pemikiran Auguste Comte, Emile Durkheim, Vilfredo Pareto, dan Max Weber.

Kemudian, asumsi dasar dari teori fungsionalisme structural, yaitu bahwa masyarakat terintegrasi atas dasar kesepakatan dari para anggotannya akan nilai-nilai kemasyarakatan tertentu yang mempunyai kemampuan dan mengatasi perbedaan-perbedaan sehingga masyarakat merupakan bagian dari system yang secara fungsional terintegrasi dalam suatu keseimbangan.
Teori fungsionalisme structural yang mempunyai latar belakang kelahiran dengan mengasumsikan adanya kesamaan antara kehidupan organisme dengan structural social dan tentunya berpandangan tentang adanya keteraturan dan keseimbangan dalam masyarakat tersebut yang dikembangkan dan dipopulerkan oleh Talcott Parsons.
Baca Juga :
Pemikirannya terinspirasi dari berbagai para sosiolog yang ada di Eropa, hal ini mempelajari keseimbangan masyarakat yang berasal dari pemikiran Emile Durkheim dan pemikiran Marshall, dimana pemikiran manusia yang bersifat rasional. Sementara, mengenai orientasi subjektif mengingatkan pada pemikiran sosiolog Marx Weber.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close