Pertanian Berkelanjutan : Berdasarkan Ketahanan Pangan Masyarakat

6/18/2018

Sistem pertanian merupakan bagian yang harus dipahami bagi masyarakat, dan bagaimana sektor pertanian dijadikan sebagai dasar (backbone) dari pembangunan nasional. Hal ini merupakan, menjadi sebuah keseharusannya yang telah dilakukan sejak dahulu. Untuk menyongsong kebangkitan pembangunan dibidang pertanian dalam jangka panjang ada satu trigger yang harus segera disosialisasikan.

Sedangkan dalam definisi umum pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture) adalah pemanfaatan sumber daya yang dapat diperbaharui (renewable resources) dan sumberdaya tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources). Kemudian, yang juga tidak boleh dilupakan adalah membangun sistem organisasi masyarakat dan pengembangan modal sosial. 

Dalam hal ini, dengan membangun alur kerja yang jelas berdasarkan perencanaan yang terukur dan mencakup output dalam jangka pendek dan jangka panjang. Penetapan strategi yang tepat dan penuh perhitungan dalam pengembangan sistem tentunya harus melibatkan banyak pihak.

Posisi masyarakat atau petani yang menjadi ujung tombak pelaksanaan dilapangan sudah tidak pantas lagi dijadikan obyek. Mereka adalah subjek sebagaimana tataran pembuat peraturan. 

Dengan memahami pertanian berkelanjutan tidak saja hanya masalah peningkatan hasil panen atau produksi komoditi, dan diversivikasi pangan, serta penyiapan infrastruktur. Namun secara jelas bahwa pertanian berkelanjutan ini juga harus bisa menjamin ketahananpangan bagi masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close