Bagaimana Memahami Bentuk Partisipasi Politik ?

7/22/2018

Jika kita melihat demokrasi barat, dimana partisipasi hanya terbatas pada kegiatan politik, maka menurut McClosky bahwa mereka yang mempelajari Negara-Negara komunitas dan dunia ketiga tentunya berpendapat bahwa kegiatan yang mencakup hal tersebut berbagai hal dapat membedakan kegiatan tersebut sebagai partisipasi.

Persoalan yang dapat diketahui ketika definisi yang diungkapkan oleh mereka yang mempelajari partisipasi politik dunia ketiga seperti yang diketahui bahwa terdapat dua perbedaan yaitu, partisipasi politik otonom dan dimobilisasi.

Dalam hal ini, jika diketahui bahwa tipe partisipasi politik dapat diterangkan oleh Huntington dan Nelson yang merupakan suatu upaya untuk dapat memberikan penjelasan mengenai gejala yang umum terjadi di Negara berkembang. Menurutnya, tindakan partisipasi masyarakat di Negara berkembang cenderung bersifat yang bebas dapat berpolitik.

Gejala tersebut akan berkembang ketika masyarakat belum memiliki kemampuan memadai untuk melakukan penilaian secara rasional dan beberapa hal dengan pihak lainnya. Perbedaan terhadap padangan politik, tentunya juga memiliki nilai bagi masyarakat dalam menyingkapi persoalan yang ada setiap masanya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close