Bagaimana Peranan Birokrasi Terhadap Sistem Politik !

7/03/2018

Jika menjelaskan mengenai konsep birokrasi, tentunya memahami bagaimana konsep meletakkan kedudukan birokrasi dalam suatu system politik sehingga kita dapat memahami peranan birokrasi secara jelas dalam suatu system politik. Peranan birokrasi dalam system politik Indonesia sangat kompleks dan mengalami pasang surut.


Memahami system politik Indonesia yang sangat kompleks dan mengalami pasang surut, maka sarana yang efektif untuk menciptakan kondisi yang lebih baik terhadap system politik. Jangkauan luas dapat memainkan peranan sebagai perekat terhadap situasi yang ada di masyarakat. Pada masa ini, mungkin birokrasi menarik perhatian penting setiap politik di masa demokrasi parlementer.

Penguasaan system birokrasi akan sangat mendukung atas setiap system politik. Dengan demikian, kedudukan politik di Indonesia memiliki nilai serta mendukung kedudukan dalam system politik.
Baca Juga :
Mengenal Bagaimana Fenomena Budaya Politik Indonesia
Hal yang begitu mempengaruhi, terhadap penampilan birokrasi dalam memberikan pelayanan kepentingan masyarakat luas. Perubahan terhadap system birokrasi menjadi sarana untuk memperbaiki terus menerus system politik, baik itu tingkal daerah dan nasional. Pengalaman krisis ekonomi menjadi salah satu hal yang disebabkan buruknya sector pemerintahan dalam mencermati anggaran dan kebutuhan.

Upaya-upaya yang dilakukan, tentunya dapat menjadi bagian dari memahami persoalan tingkat dasar yang ada di masyarakat. Misalkan, pernah melakukan usaha birokrasi yang dilakukan dengan menyebarkan model pemerintah yang baik (Good Governance).

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close