Dampak Pengembangan Pariwisata Budaya Masyarakat

7/02/2018


Pengembangan objek budaya dan daya tarik budaya secara khusus adalah terletak pada masa sebelumnya. Tetapi, penilaian masyarakat mengenai hal ini, terletak pada dampak social ekonomis yang dapat dirasakan antara lain penyerapan tenaga kerja pada sector pelayanan jasa pariwisata. Peranan pariwisata tentunya dipahami masyarakat terhadap sector kepariwisataan yang mampu meningkatkan pandapatan masyarakat.

Dari hal ini, pengalaman berinteraksi dengan wisatawan mempengaruhi persepsi dan peranan masyarakat dalam mengembangkan pelayanan wisata yang lebih baik. Tetapi, peranan dan tindakan masing-masing sering diputuskan untuk kepentingan tertentu. Tetapi, spriritual dalam sosio-kultural dan lainnya bisa lebih mempererat hubungan para wisatawan dan masyarakat pariwisata setempat.


Masyarakat pariwisata atau kelompok usaha jasa kepariwisataan memiliki dampak langsung secara ekonomi, social, dan teknologi. Permintaan pelayanan dari wisatawan macanegara berasal dari berbagai Negara atau bangsa. Hal ini, tentunya menuntut usaha layanan yang bisa menyesuaikan permintaan atau kebutuhan.

Baca Juga : Memahami Unsur-Unsur Tingkat Budaya Sosial

Gambaran positif pengembangan pariwisata budaya dapat benar diketahui pada masyarakat, namun membutuhkan peranan maupun komitmen pihak-pihak yang memiliki peranan ini. Maka, dalam hal ini pariwisata masyarakat secara keinginan bahwa kesenian rakyat harus ditanggapi, agar pengembangan wisata masyarakat terus terlaksana.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close