Dinamika Sosial Masyarakat Pedesaan Yang Masih Tradisional

7/15/2018

Tradisi dipahami sebagai kesepakatan yang dicapai suatu masyarakat dalam merumuskan dan menanggapi persoalan dasar keberadaan mereka bersama di Desa. Tradisi justru bersifat situasional yang mengikuti perubahan dan perkembangan zaman, dan tidak bertentangan dengan kemodernan.

Kemudian, dalam hal ini tradisi yang dimaksud dalam hal ini yaitu kesesuaian dengan fenomena yang tengah dibahas (mengenai masyarakat Desa yang masih bersahaja) adalah dalam artian diakronis. Pada system masyarakat Desa cultural system) maupun tradisi masyarakat Desa karena kedua fenomena ini merupakan bagian yang dominan dalam pola kebudayaan.

Persoalan yang mempengaruhi pedesaan, tentunya sebagai wujud dari perkembangan pedesaan terutama pertanian. Pengeruh yang masih dalam suatu pedesaan yang berkaitan dengan adat istiadat tentunya akan mempengaruhi system pertanian dan hasil pertanian sebagai bagian dari ketahanan pangan mereka sebagai masyarakat Desa. 

Meskipun demikian, sebagai factor pendukung dalam kehidupan masyarakat pedesaan maka, Lembaga Desa sebagai bagian dari pendukung dalam melihat fenomena di pedesaan yang disesuaikan dalam kebijakan-kebijakan yang dtetapkan

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close