Budaya Perubahan Karena Adanya Penemuan

7/20/2018

Pada akhir abad ke XX adalah kecendrungan untuk menjadi global, dimana Giddens mengemukakan bahwa kesalingtergantungan masyarakat dunia akan semakin meningkat. Proses peningkatan kesalingtergantungan masyarakat dunia ini yang dinamakan Globalisasi.

Menurut para ahli seperti Walters, berpandangan bahwa globalisasi berlangsung ditiga bidang kehidupan yaitu perekonomian, politik dan budaya. Globalisasi ekonomi misalnya, akan berdampak pada perdagangan, produksi, investasi, ideology organisasi, pasar modal, dan pasar tenaga kerja.

Kemudian, Globalisasi politik terjadi dibidang kedaulatan Negara, focus kegiatan, Hubungan internasional, dan budaya politik. Globalisasi budaya dalam hal ini dalam ide keagamaan, etnisitas, pola pertukaran, serta produksi dan distribusi gambaran yang sama ke seluruh dunia, serta pariwisata.

Hal yang harus dipahami, ketika peningkatan global akan saling mempengaruhi tetapi pertemuan antarbudaya tidak berlangsung secara timbal balik, melainkan kecendrungan bersifat satu arah. Jika dipahami bahwa nilai kebudayaan dan norma kemasyarakatan tentunya akan memperkuat ketahanan budaya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close