Sistem Pemahaman Proses Budaya Sosialisasi Politik

7/20/2018

Perbedaan proses budaya politik tentunya akan menimbulkan budaya politik yang berbeda diberbagai tempat wilayah yang ada. Budaya politik yang berbeda juga dapat menyebabkan perbedaan kinerja system politik yang berbeda. Budaya politik juga dapat membentuk identitas Nasional, sebab budaya politik merupakan sikap, tingkah laku dan orientasi pemikiran politik dari masyarakat.

Sebagaimana yang telah dipahami, bahwa budaya politik merupakan norma-norma dan nilai yang melekat dalam diri individu serta menjadi dasar bagi cara pandang, sikap dan perilaku yang ada pada individu itu sendiri. Hal ini, yang memyebabkan budaya politik berkembang, berubah ataupun tetap.

Kemungkinan besar budaya politik memang akan cenderung untuk terus berkembang dan berubah. Akan tetapi, hal ini amat tergantung pada sosialisasi politik yang dilakukan dapat berdampak pada kebutuhan politik selanjutnya.

Tetapi, pada dasarnya budaya politik merupakan satu diantara banyaknya jenis lingkungan yang mengelilingi, mempengaruhi dan bahkan menekan system politik. 

Dengan demikian, secara tidak langsung, budaya politik merupakan yang paling dianggap intens dan mendasari system politik Indonesia (Kantaprawira,1999 : 35). Sistem budaya Indonesia yang memiliki banyak sub-budaya politik yang dikarenakan banyaknya budaya daerah yang muncul dalam system budaya Indonesia. Sehingga, masing-masing memiliki sub-budaya politik tersebut dan memiliki jarak yang berbeda dengan struktur politik.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close