Bagaimana Memahami Teknologi Sebagai Kebulatan Sistim

8/13/2018

Pembahasan yang menyeluruh akan mencapai kalau teknologi ditinjau sebagai suatu system. Pemahamannya bearti teknologi dibahas sebagai suatu kebulatan unsur-unsur yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam lingkungan systim itu sendiri.

Dengan memahami teknologi tentunya tidak dapat dipisahkan dari ilmu pengetahuan alam (nature science) dan rekayasa (engineering). Ilmu pengetahuan alam adalah input dari berbagai aspek pengetahuan. Jika menurut Gumilar R. Soemantri, dimana teknologi tidak hanya dapat dipahami sebagai benda-benda konkret saja.

Sebagai penerapan ilmu pengetahun, yang harus dipahami adalah komponen yang ada di dalam pengetahuan, sebagai gagasan bagaimana mengerjakan sesuatu. Sehingga, aktivitas dapat berjalan dengan efektif. Pemahaman seperti ini, dapat dipahami sebagai pembentukan yang paling sederhana.


Sehingga, cara pandang terhadap pembentukan teknologi lebih pada didorong oleh tuntutan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sedangkan manusia masih terus berlanjut. Sedangkan secara prinsip, bentuk kegunaan teknologi modern berkembang sangat pesat. Oleh karena itu, teknologi dapat diartikan sebagai penerapan praktis prinsip-prinsip ilmu pengetahuan modern.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close