Kedua Dari Perubahan Sosial Dan Perubahan Budaya

8/31/2018

Pada dasarnya , perubahan social dan perubahan kebudayaan dapat dibedakan secara tegas dengan pengertian antara masyarakat dan kebudayaan. Hal ini bearti bahwa apabila awal seseorang membatasi pengertian masyarakat dengan pengertian kebudayaan yang dengan sendirinya tentang perubahan social (masyarakat) akan berbeda dengan perubahan kebudayaan.

Suatu perubahan dalamsuatu masyarakat tergolongkan ke dalam perubahan social ataukah perubahan kebudayaan akan mengalami atau mengamati bahwa ada sesuatu gejela yang lain dalam kehidupan disekitar kita mengenai waktu sebelumnya.

Para ahli seperti Soekanto, membuka pandangan mengenai perubahan social yang merupakan bagian dapri perubahan kebudayaan. Karena menurunya perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagiannya , seperti ilmu pengetahuan, kesenian, filsafat hingga perubahan dalam bentuk dan aturan-aturan organisasi social.


Dalam hal ini, perubahan dalam ruang lingkup perubahan suatu kebudayaan lebih luas daripada perubahan social. Jika pandangan begitu berbeda maka akan lebih memperhatikan suatu perubahan kebudayaan yang bertitik tolak dan timbul karena organisasi social, serta unsur-unsur yang memengaruhinya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close