Peran Kelompok, Individu Serta Masyarakat Majemuk Berbudaya

8/30/2018


Masyarakat yang kompleks yang biasanya dikategorikan sebagai masyarakat majemuk yang memiliki banyak kelompok dan kebudayaan yang bersifat khusus dengan berbagai perbedaan yang ada tentunya akan memahami bagaimana menjaga iklim politik saat ini. 

Jika sering terjadi adanya prilaku berbeda di masyarakat hal ini merupakan salah satu langkah yang menjadi perna bersama untuk menjaga ketertiban, dan menjaga dengan beberapa kesempatan yang berbeda. Karena, dalam suatu masyarakat, individu harus bergerak dalam sejumlah kelompok dengan standar dan nilai yang berbeda.

Masyarakat dengan berbagai kemajemukan yang ada tentunya dapat menentukan dan mengatasi persoalan dengan memilah-milah serta mengembangkan suatu diri yang berbeda bagi setiap kelompok dimana akan bergerak. Hal ini, tentunya dengan berbagai pandangan yang dimiliki pula.

Dengan berbagai adanya pertumbuhan masyarakat, yang dapat melihat dan bahkan mengalami berbagai kelompok yang berbeda secara budaya, ekonomi, politik tidaklah mudah. Hal ini, akan berkaitan dengan berbagai identitas yang berbeda.


Jika menurut Samuel Hutington, bahwa yang akan dihadapi saat ini merupakan bagian dari peradaban, dimana perbedaan yang paling penting antara umat manusia, bukan ideology, politik atau ekonomi, melainkan perbedaan budaya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close