Perubahan Yang Terjadi Pada Sistim Budaya

8/24/2018

Perubahan social, menurutnya adalah perubahan penting dari struktur social yang mengalami pola perilaku dan interaksi social. Hal ini, tercakup pada berbagai pernyataan tentang struktur seperti norma, nilai dan gejala yang sama.

Maka, akan ada yang namanya suatu konsep inklusif yang menunjuk kepada perubahan gejala social, tetapi pengertian dari perubahan suatu budaya mencakup sistim budaya, Bahasa, kesenian, dan citarasa pada suatu masyarakat.

Sementara, perubahan sistim budaya yang dimaksud adalah perubahan pada sejumlah nilai-nilai, norma-norma yang penting di suatu masyarakat. Proses perubahan kebudayaan ini biasanya menguras waktu yang cukup lama dan biasanya merupakan kelanjutan dari perubahan social.


Jika tahap proses manusia adalah proses dari satu tahap hidup ke tahap hidup lainnya, maka suatu perubahan sebagai proses yang dapat menunjukkan perubahan social dan perubahan kebudayaan, yang keduannya pada satu runtunan proses tersebut. Dengan memahami proses budaya tentunya tiap kebudayaan dapat berjalan secara cepat ataupun lambat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close