Dimensi Struktur Sosial Antar Etnis

9/06/2018

Antar etnis akan berlangsung ketika hubungan suatu kelompok tidak dapat dipisahkan dari sistim suatu Negara. Karena peran dalam hal ini, memiliki pengaturan terhadap peranan dalam mengatur hubungan tersebut.

Oleh karena itu, perubahan mengenai persoalan kebijakan public penting untuk menjadikan dasar dalam melakukan analisis hubungan antar etnis di Indonesia. Pandangan fungsionalis beranggapan bahwa proses pembangunan dan modernisasi masyarakat akan melemahkan pengaruh identitas etnis dalam interaksi masyarakat dalam suatu sistim social.
Pada kenyataannya modernisasi yang terjadi dalam masyarakat tidak menyurutkan identitas etnis. Tetapi, dalam hal ini hal positif dalam diambil bahwa solidaritas etnis tetap muncul bahkan menjadi teman seperjalanan modernisasi.


Ada factor lainnya, adalah pertanyaan mengenai sistim social yang terus melakukan modernisasi, dan mampu menghilangkan kesadaran etnis itu sendiri. Misalkan yang seringkali menjadi perhatian mengenai pembangunan sumber daya manusia, terhadap akses sumber daya menjadi variabel yang mempengaruhi kesadaran etnik dan hubungan antar etnik.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close