Pendekatan Struktural Fungsional Dalam Sistim Politik

9/15/2018


Pendekatan strktural fungsional merupakan alat analisis dalam mempelajari sistim politik, dimana pada awalnya adalah pengembangan dari teori structural fungsional. Dalam pendekatan ini, dimana sistim politik merupakan kumpulan dari peranan-peranan yang saling berinteraksi.

Menurut Almond, sistim politik adalah sistim interaksi yang terdapat dalam semua masyarkat yang bebas dan merdeka. Dimana dalam hal ini, berfungsi dengan integrasi dan adaptasi yang baik dalam masyarakat maupun berhadapan dengan masyarakat lainnya.

Pada sistim politik yang memiliki persamaan karena universalitas dari struktur dan fungsi politik, dimana dalam hal ini mengenai fungsi politik bahwa Almond membaginya dalam sua jenis, yaitu fungsi input dan output.

Terkait dengan hubungannya dengan lingkungan, maka prespektif yang digunakan adalah ekologis, maka dalam hal ini sebuah penilaian yang objektif dapat menempatkan sistim politik dalam lingkungannya. Sehingga, terdapat enam kategori, yaitu kapabilitas sistim politik, kapabilitas ekstraktif, kapabilitas regulatif, kapabilitas regulatif, kapabilitas distributive, simbolik, kapabilitas responsif , serta kapabilitas domestic dan International.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close