Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli

9/20/2018

Pengertian dasar kita mengenai struktur social, dapat dipahami dengan berbagai pandangan kita terhadap konsep dasar dalam sebuah struktur. Misalkan dalam sebuah struktur masyarakat perkotaan, dapat dipahami berbagai interaksi yang berlangsung, aktivitas serta berbagai komunikasi yang berlangsung.

Sementara, dalam hal ini ada juga pandangan struktur social menurut Ralph Linton, dimana dikenal adanya konsep serta status peran adalah aspek yang dinamis dari sebuah status. Dimana, dalam hal ini Linton yang menjalankan peran ketika berjalan berdasarkan kewajiban yang merupakan statusnya.
Ada dua hal yang menjadi cakupan yaitu apa yang dibagi menjadi Ascribed Status adalah status yang diberikan kepada setiap individu tanpa melihat kemampuan atau perbedaan individu yang dibawa sejak asalnya. Sedangkan Achieved status adalah sesuatu yang diraih dari hasil yang dikerjakan.

Kedua kategori tersebut, dapat dipahami sebagai konsep dasar dalam suatu pembagian suatu struktur social menjadi beberapa bagian atau lapisan yang saling terkait. Maka, konsep ini memberikan gambaran bahwa dalam suatu struktur social ada tidak keseimbangan posisi social antarindividu di dalamnya.

Maka, pengertian kita mengenai struktur ini muncul ketika status kelas berdasarkan di masyarakat. Maka, dari itu dapat dipahami sebagai bagian dari perkembangan yang ada di masyarakat, dengan berbagai perbedaan tersebut maka akan muncul yang namanya proses produksi, distribusi dan dagang.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close