Pertahanan Yang Kokoh Pada Kawasan Asia Pasifik

9/16/2018

Secara ekonomi, pada tahun 1945 keterlibatan Amerika dalam pembangunan di Jepang diformalkan oleh Deklarasi. Dimana bantuan Amerika dengan dimensi kepentingan akan mempertahankan Kawasan Asia Timur khususnya Pasifik pada umumnya.

Dalam hal ini, Amerika ketika itu, secara ekonomi begitu kuat dan mampu mempertahankan dan mengawasi Asia Pasifik, sementara Amerika Serikat bisa mengurangi perlindungannya di kawasan tersebut. Tetapi, pada tahun 1980an, dimana Amerika mendoromg jepang untuk meningkatkan peranannya di dalam masalah-masalah keamanan.
Ada hal yang menarik, ketika dinamikan politik luar Negeri masih berdampak pada konflik dan perang. Tetapi, kini yang berbeda masa sekarang dimana perluasan ekonomi akan lebih dominan dalam politik di Indonesia. Dengan demikian, meskipun konflik terjadi, tetapi mereka lebih menyukai perdamaian daripada perang.

Sehingga, dalam suatu Negara yang terlibat konflik sangat berpengaruh terhadap ketegangan hubungan antarnegara, dimana secara konfliktual dan seringkali penuh kecurigaan antara ssatu bangsa dengan bangsa lainnya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close