Sustainabilitas Sebagai Konsep Utama Dari Pembangunan ?

9/16/2018

Lebih lanjut dijelaskan bahwa pembangunan yang berkelanjutan merupakan suatu proses perubahan dimana eksploitasi membutuhkan pembangunan yang selaras dengan pertumbuhan ekonomi. Hal ini, tentunya tidak hanya dengan memenuhi kepentingan generasi, tetapi juga generasi mendatang.

Sustabilitas adalah salah satu konsep utama dari pembangunan yang berwawasan lingkungan, yang dalam hal ini untuk menjaga pedesaan dibutuhkan kesadaran dalam memahami manfaat lingkungan. Kriteria masyarakat dalam pembangunan, terutama generasi yang akan datang mesti memahami bagaimana sumber daya dialokasikan secara efisien dan dinamis Tietenberg (1992).

Maka, pendapat yang dalam hal ini dianggap konsisten dengan konsep sustainabilitas dengan berbagai keuntungan bisa dibagi secara adil antar generasi. Maka, konsep sustainabilitas lebih menekankan aspek keadilan (fairness) antar generasi daripada efisiensi alokasi.
Dengan pandangan bagaimana pembangunan berkelanjutan, dapat menjadi pembangunan yang bermanfaat bagi banyak masyarakat, agar merasakan dampaknya. Misalkan karena pembagunan infrastruktur dimana-dimana berdasarkan anggaran, tetapi, memperhatikan pembangunan masyarakat perkotaan terhadap sumber daya manusia. Maka, seiring waktu  pembagunan berlangsung, tanpa adanya keterkaitan erat terhadap politik social di masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close