Mengenal Budaya Konsumsi Pada Masyarakat Pra Kapitalis

10/02/2018

Pada pendapat yang dapat diketahui dari berbagai kebutuhan konsumsi dapat dipahami sebagai proses budaya. Konsumsi masyarakat pra kapitalis merupakan suatu proses budaya, dan hal ini bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan fisik-biologis saja. Tetapi, ada keterkaitan dengan manfaat benda atau objek secara sosial budaya (Lee,2006).

Dalam hubungannnya antara benda-benda, konsumen dan budaya pada masyarakat prakapitalis menarik untuk didiskusikan tentang kehidupan sosial yang memiliki benda-benda. Kehidupan sosial dalam hal ini tentunya merupakan suatu kebutuhan sebagai inidvidu-individu yang memiliki hubungan dengan berbagai nilai pemaknaannya.
Dengan kaitannya terhadap pendapat tersebut, maka beberapa pemaknaan sosial terhadap konsumsi benda dalam kehidupan sosial masyarakat pra kapitalis dapat dipahami dengan seksama. Berbeda dengan masyarakat pra-kapitalis yang sudah tersentuh oleh revolusi pertanian, dimana mereka memproduksi berbagai hasil pertanian (seperti, sayur-sayuran, umbi-umbian, kacang-kacangan, buah-buahan dan lainnya.


Berbagai hal yang terkait dapat dipahami bagaimana kehidupan sosial masyarakat pra-kapitalis berfungsi di masyarakat. Dengan berbagai hubungan sosial yang terjadi maka apa yang dapat dipahami selanjutnya, tentunya akan mempengaruhi berbagai persoalan yang berkaitan dengan jasa dan produksi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close