Pada
masyarakat konsumsi masyarakat dapat menciptakan nilai-nilai yang berlimpah
melalui barang dan jasa konsumen. Hal ini, yang menjadikan konsumsi sebagai
pusat aktivitas kehidupan. Menurut Baudrillard (1998) mendeskripsikan mengenai asal usul munculnya masyarakat
konsumen.
Masyarakat
konsumen yaitu mengenai suasana masyarakat yang dapat disebut sebagai
masyarakat konsumen, kemudian mentalitas apa yang berkembang dan dihidupi dalam
masyarakat konsumen. Kemudian, ciri khas apa yang secara inheren dimiliki oleh
masyarakat konsumen.
Asal
usu masyarakat dikondisikan dengan berbagai situasi dan kondisi sebagai pertama
yang hidup pada suatu masyarakat komoditas. Yaitu dalam hal ini, masyarakat
yang di dalamnya berlangsung pada produksi barang-barang terutama pada
pemuasaan keinginan dan kebutuhan manusia, tetapi profit atau keuntungan.
Sementara,
masyarakat komoditas memiliki kebutuhan manusia yang terpuaskan hanya secara incidental,
dimana kondisi produksi yang mendasar lantas dipengaruhi dengan berbagai bentuk
dari suatu produk yang menjadi hubungan antar manusia.
Baca Juga : Pandangan Konsumerisme Masyarakat Di Perkotaan
Pada
masyarakat komoditas muncul sebuah kecendrungan umum yang diarahkan pada
konsentrasi capital yang luar biasa yang memungkinkan terselubungnya operasi
pasar terhadap keuntungan produksi massal yang dimonopoli. Yang memang sudah
dimonopoli terhadap industri komunikasi.
Maka
dari itu, pada masyarakat modern akan lebih sulit dihadapi ketika meningkatnya
tuntutan yang terus menerus yang merupakan kecendrungan umum dari kelompok yang
lebih kuat untuk menjaga semua kondisi sarana yang tersedia.
0 comments