Bagaimana Memahami Masyarakat Konsumsi Sebagai Sebuah Nilai

11/06/2018


Pada masyarakat konsumsi masyarakat dapat menciptakan nilai-nilai yang berlimpah melalui barang dan jasa konsumen. Hal ini, yang menjadikan konsumsi sebagai pusat aktivitas kehidupan. Menurut Baudrillard (1998) mendeskripsikan  mengenai asal usul munculnya masyarakat konsumen.

Masyarakat konsumen yaitu mengenai suasana masyarakat yang dapat disebut sebagai masyarakat konsumen, kemudian mentalitas apa yang berkembang dan dihidupi dalam masyarakat konsumen. Kemudian, ciri khas apa yang secara inheren dimiliki oleh masyarakat konsumen.

Asal usu masyarakat dikondisikan dengan berbagai situasi dan kondisi sebagai pertama yang hidup pada suatu masyarakat komoditas. Yaitu dalam hal ini, masyarakat yang di dalamnya berlangsung pada produksi barang-barang terutama pada pemuasaan keinginan dan kebutuhan manusia, tetapi profit atau keuntungan.
Sementara, masyarakat komoditas memiliki kebutuhan manusia yang terpuaskan hanya secara incidental, dimana kondisi produksi yang mendasar lantas dipengaruhi dengan berbagai bentuk dari suatu produk yang menjadi hubungan antar manusia.


Pada masyarakat komoditas muncul sebuah kecendrungan umum yang diarahkan pada konsentrasi capital yang luar biasa yang memungkinkan terselubungnya operasi pasar terhadap keuntungan produksi massal yang dimonopoli. Yang memang sudah dimonopoli terhadap industri komunikasi.

Maka dari itu, pada masyarakat modern akan lebih sulit dihadapi ketika meningkatnya tuntutan yang terus menerus yang merupakan kecendrungan umum dari kelompok yang lebih kuat untuk menjaga semua kondisi sarana yang tersedia.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close