Bagaimana Memahami Revolusi Hijau Masyarakat Peasan ?

11/09/2018

Suatu Sistim dan teknologi pertanian modern dapat meningkatkan produktivitas yang seharusnya bagi pertanian, sehingga bagaimana menjadi petani menjadi modern yang pada kenyataannya masih belum meningkat.


Ketika kita memahami petani, maka persoalan yang dapat dipahami bahwa masyarakat Indonesia secara umum tergolong sebagai petani. Mengapa demikian, hal ini dikarenakan modernisasi pertanian bermodel pada revolusi hijau dan belum berhasil mengubah peasan sebagai Negara dunia ketiga.

Bagaimana menjadi petani modern? Seperti Negara maju, hal ini tentunya pengetahuan dan teknologi serta berbagai kebutuhan pertanian masih belum memenuhi standar. Dengan dukungan berbagai program pemerintah, yang dirancang dengan menjaga kestabilitas politik  Nasional, serta kepentingan perkembangan petani.
Memahami sebagai Negara agraris tentunya terdapat pandangan bahwa perkembangan pertanian begitu pesat dengan pola peasantry ke pola pertanian modern (agricultural enterepreneurship, agroindustry, agribusiness), sehingga tidak mengalami masalah sebagai Negara ketiga. Hal ini, tentunya terlepas dari berbagai sejarah perkembangan masyarakat pada umumnya.


Masyarakat peasan merupakan bagian dari suatu perubahan terhadap sistim pertanian mereka ketika itu, hal ini dengan berbagai kebutuhan dan proses yang dilalui ketika itu. Maka, memahami masyarakat petani menjadi bagian kegiatan yang khusus dengan mengerjakan berbagai kebutuhan disektor masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close