Pengertian Kebudayaan Yang Berkaitan Dengan Erat

11/11/2018

Suatu teknologi untuk dapat diketahui ketika alam sekitar “rasa” menghasilkan sebuah ideology, kesenian, kepercayaan atau semua unsur yang berkaitan dengan dengan hasil ekspresi setiap manusia. Sedangkan “cipta” merupakan kemampuan berpikir yang menghasilkan filsafat serta ilmu pengetahuan rasa dan cipta manusia, yang keduanya menciptakan kebudayaan rohaniah (immaterial culture).

Terdapat berbagai istilah yang berkaitan dengan peradaban (civilization), sehingga ada yang menyamakan peradaban dengan kebudayaan kebendaan. Namun, ada yang mengartikannya lebih luas daripada itu, sehingga peradaban adalah kebudayaan yang telah mencapai taraf perkembangan teknologi yang sudah lebih tinggi.
Pengertian sebuah kebudayaan yang mana tepat untuk tujuan analisa masyarakat yang bersahaja tentunya menjadi definisi mengenai kebudayaan, sehingga ada yang pengertiannya bersifat kompleks adalah menyangkut pola kebudayaan dari masyarakat yang sudah maju, dan kompleks.

Pengertian mengenai kebudayaan pada masyarakat yang maju, dan kompleks dapat diartikan dengan yang bersahaja yang berkaitan dengan pola kebudayaan dari masyarakat yang masih bersahaja. Hal ini, dapat dilihat pada kemajuan masyarakat, termasuk pada masyarakat Desa.


Pada tingkat kebersahajaan masyarakat Desa ini, maka mengenai kebudayaan yang terdapat didalamnya cenderung lebih ditekankan pada pembahasan aspek kebudayaan nonkebendaan. Sehingga, sistim nilai yang berlaku dalam terbentuknya pada kehidupan masyarakat Desa.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close